Selasa, 11 Desember 2007

UNICEF Sudah Serahkan 23 Unit Sekolah Di Pantai Barat

MEULABOH, Aceh Barat: Sampai dengan 11 Desember 2007, sebanyak 23 unit sekolah telah selesai dibangun kembali oleh UNICEF dan diserahterimakan kepada pemerintah kabupaten dan masyarakat dikawasan pantai barat Aceh.

Bangunan sekolah itu, terdiri dari 9 unit sekolah di Kabupaten Aceh Jaya, 9 sekolah di Aceh Barat dan 5 sekolah di Nagan Raya. UNICEF berkomitmen membangun kembali 109 unit sekolah diwilayah pantai barat bagian dari 346 uni di Aceh dan Nias.

Sejumlah 35 sekolah berlokasi di Aceh Jaya dan 24 sekolah di Aceh Selatan dan Aceh Singkil. UNICEF puusatkan perhatian pembangunan sekolah tahan gempa, ramah anak, peningkatan kualitas pendidikan dan pelibatan masyarakat dalam pemeliharaan sekolah.

Bangunan sekolah SDN Suak Seumaseh, Kecamatan Samatiga diserahkan kepada Pemkab Aceh Barat dan masyarakat setempat, Senin (10/12) sedangkan SDN Translok Sp 6, Kecamatan Meureubo diserahkan Selasa (11/12) kepada pemkab yang sama.

Sekolah-sekolah yang diserahkan tersebut adalah bagian dari 50 unit sekolah yang dibangun UNICEF di wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya. Sekolah-sekolah itu dilengkapi perangkat belajar mengajar sampai perlengkapan olah raga.

SDN Suak Seumaseh dan SDN Translok Sp 6 masing-masing terdiri atas 3 bangunan utama yang terdiri dari 6 kelas, 1 ruang majelis guru, 1 ruang perpustakaan serta kamar kecil yang terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan, yang masing-masing dilengkapi oleh 5 toilet dan 3 wastafel. (***)